Informasi Seputar Pemeriksaan Tekanan Darah

0 Comments

Ada banyak penanda kesehatan yang penting meliputi, kadar kolesterol, kadar gula darah. Tetapi pria sering gagal menggunakan salah satu yang paling penting yaitu, tekanan darah. Anda tidak selalu harus pergi ke kantor dokter untuk memeriksakan tekanan darah ; Anda dapat memonitor tekanan darah sendiri di rumah. Ini sangat penting jika dokter menyarankan  melakukan pemeriksaan tekanan darah Anda secara teratur.

Kiat untuk Memeriksa Tekanan Darah Anda Sendiri

Ada faktor-faktor tertentu yang dapat menyebabkan tekanan darah naik sementara. Sebagai contoh, tekanan darah biasanya meningkat sebagai akibat dari:

  • Stress
  • Merokok
  • Suhu dingin
  • Olahraga
  • Kafein
  • Obat-obatan tertentu

Cobalah untuk menghindari sebanyak mungkin faktor-faktor ini ketika mengambil tekanan darah Anda. Juga, cobalah mengukur tekanan darah Anda pada waktu yang hampir sama setiap hari. Dokter Anda mungkin ingin Anda memeriksa tekanan darah Anda beberapa kali sepanjang hari untuk melihat apakah itu berfluktuasi.

Sebelum Memeriksa Tekanan Darah

Temukan tempat yang tenang untuk memeriksa tekanan darah Anda. Anda perlu mendengarkan detak jantung Anda. Pastikan Anda merasa nyaman dan santai dengan kandung kemih yang baru saja dikosongkan (kandung kemih penuh dapat memengaruhi pembacaan Anda). Gulung lengan baju di lengan Anda atau lepaskan pakaian berlengan ketat.

READ  Metode Diagnosis dan Cara Mengobati Emboli Paru

Beristirahatlah di kursi di samping meja selama 5 hingga 10 menit. Lengan Anda harus beristirahat dengan nyaman setinggi jantung. Duduk tegak dengan punggung menghadap kursi, kaki tidak disilang. Letakkan lengan Anda di atas meja dengan telapak tangan Anda menghadap ke atas.

Langkah-langkah Pemeriksaan Tekanan Darah

Jika Anda membeli monitor tekanan darah manual atau digital (sphygmomanometer), ikuti buklet instruksi dengan seksama.Langkah-langkah berikut memberikan ikhtisar tentang cara mengukur tekanan darah lengan kiri pada monitor tekanan darah manual atau digital. Cukup balikkan sisi untuk mengambil tekanan darah di lengan kanan Anda.

  1. Temukan nadi Anda

Temukan nadi dengan menekan sedikit jari telunjuk dan jari tengah ke bagian tengah lengkungan siku Anda (tempat arteri brakialis berada). Jika  tidak dapat menemukan denyut nadi Anda, letakkan kepala stetoskop (pada monitor manual) atau manset lengan (pada monitor digital) di area umum yang sama.

“Tekanan darah adalah salah satu pengukuran termudah dan paling sederhana dan dapat memberi tahu banyak hal tentang kesehatan saat ini dan kemungkinan masa depan,” kata Dr. Randall Zusman, direktur divisi hipertensi untuk Corrigan Minehan Heart Center, yang berafiliasi dengan Rumah Sakit Umum Massachusetts yang berafiliasi dengan Harvard. . “Namun kebanyakan orang tidak mengetahui nomor mereka atau memeriksanya secara teratur, jadi mereka mungkin tidak melakukan semua yang mereka butuhkan untuk menurunkan risiko serangan jantung atau stroke.”

READ  Mengenal Ragam Informasi Seputar Faktor Penyebab Hipertensi

Untuk menentukan apakah Anda memiliki hipertensi, seorang profesional medis akan melakukan pembacaan tekanan darah. Bagaimana Anda mempersiapkan tes, posisi lengan Anda, dan faktor-faktor lain dapat mengubah pembacaan tekanan darah sebesar 10% atau lebih. Itu mungkin cukup untuk menyembunyikan tekanan darah tinggi, memulai Anda dengan obat yang tidak benar-benar Anda butuhkan, atau mengarahkan dokter Anda untuk salah menyesuaikan obat-obatan Anda.

Pedoman nasional dan internasional menawarkan instruksi spesifik untuk mengukur tekanan darah. Jika seorang dokter, perawat, atau asisten medis tidak melakukannya dengan benar, jangan ragu untuk memintanya untuk mendapatkan pedoman tersebut. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk memastikan pembacaan yang benar:

  • Jangan minum minuman berkafein atau merokok selama 30 menit sebelum ujian.
  • Duduk diam selama lima menit sebelum tes dimulai.
  • Selama pengukuran, duduklah di kursi dengan kaki di atas lantai dan lengan Anda ditopang sehingga siku berada setinggi jantung.
  • Bagian tiup manset harus benar-benar menutupi setidaknya 80% lengan atas Anda, dan manset harus diletakkan pada kulit yang telanjang, bukan di atas baju.
  • Jangan bicara selama pengukuran.
  • Ukur tekanan darah Anda dua kali, dengan istirahat singkat di antaranya. Jika pembacaannya berbeda 5 poin atau lebih, lakukan pembacaan ketiga kalinya.
READ  Informasi Seputar Pantangan Penderita Hipertensi Yang Perlu Anda Ketahui

Ada saatnya untuk melanggar aturan ini. Jika Anda terkadang merasa pusing ketika bangun tidur di pagi hari atau ketika Anda berdiri setelah duduk, Anda harus memeriksakan tekanan darah Anda saat duduk dan kemudian sambil berdiri untuk melihat apakah jatuh dari satu posisi ke posisi berikutnya.

Tekanan darah bervariasi sepanjang hari, dokter Anda jarang akan mendiagnosis hipertensi berdasarkan pembacaan tunggal. Sebagai gantinya, ia akan ingin mengkonfirmasi pengukuran pada setidaknya dua kesempatan, biasanya dalam beberapa minggu satu sama lain. Pengecualian untuk aturan ini adalah jika Anda memiliki pembacaan tekanan darah 180/110 mm Hg atau lebih tinggi. Hasil yang setinggi ini biasanya membutuhkan perawatan segera. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengukur tekanan darah Anda di kedua lengan setidaknya satu kali, karena pembacaan di satu lengan (biasanya kanan) mungkin lebih tinggi daripada di lengan kiri.

 

Sumber :

www.webmd.com

www.health.harvard.edu

 

sumber gambar :

hellosehat.com