Metode Diagnosis dan Cara Mengobati Emboli Paru

0 Comments

Emboli paru merupakan suatu kondisi yang dialami ketika arteri pulmonalis tersumbat. Arteri pulmonalis itu sendiri adalah pembuluh darah yang berperan membawa darah dari jantung ke paru-paru. Materi penyumbat arteri pulmonalis umumnya adalah gumpalan darah yang berasal dari kaki atau bagian tubuh yang lainnya.

Ukuran gumpalan darah yang menyumbat tersebut kebanyakan cukup kecil, sehingga tidak membahayakan nyawa. Walau sekecil apapun, Anda tetap harus waspada karena gumpalan darah itu tetap dapat merusak paru-paru. Oleh karena itu, pengidap segera membutuhkan cara mengobati emboli paru agar dapat mengurangi risiko kerusakan paru-paru yang berdampak fatal.

Metode Diagnosis Emboli Paru

Menandai gangguan kesehatan pada tubuh dengan tanda atau gejala yang dirasakan memang langkah pertama yang terbaik. Anda memang harus memahami kondisi tubuh dengan menyadari apa yang dirasakan dan memikirkan apakah mempunyai riwayat penyakit atau tidak. Dengan keterangan gejala yang disadari dan riwayat kesehatan pasien, pemeriksaan diagnosis oleh dokter akan lebih lancar. Semua informasi dari pasien diperlukan dalam sesi wawancara medis pada tahap awal pemeriksaan diagnosis.

READ  Mengenal Ragam Informasi Seputar Faktor Penyebab Hipertensi

Setelah melakukan wawancara medis, dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan untuk memperkuat diagnosis dan mengetahui penyebab pastinya berdasarkan hasil pemeriksaan yang akurat. Dengan demikian, pasien juga akan yakin dengan hasil pemeriksaannya nanti dan bisa mendapatkan cara mengobati emboli paru yang tepat berdasarkan hasil pemeriksaan.

Pemeriksaan diagnosis berikutnya adalah pemeriksaan fisik dan tes gejala yang termasuk di dalamnya adalah ECG, X-ray pada dada, tes darah, CT Scan pada dada, dan pindaian paru-paru. Tes darah dilakukan dalam rangka memeriksa mengenai gumpalan (D-dimer). Apabila  tes tidak menghasilkan apa-apa dan tetap saja emboli paru masih terjadi, X-ray khusus yang dikenal dengan angiography akan dilakukan. Angiogram paru ini merupakan tes paling akurat dalam mendiagnosis emboli paru karena bisa memberikan gambar aliran darah di semua arteri di paru-paru. Dikarenakan angiogram mempunyai tingkat kesulitan tinggi, umumnya tes ini disarankan jika tes lainnya gagal untuk memperoleh diagnosis yang tepat.

READ  Daftar Cemilan Sehat untuk Bayi yang Bergizi, Simpel, dan Menarik

Cara Mengobati

Setelah dinyatakan positif mengidap emboli paru melalui pemeriksaan diagnosis, penderitanya harus segera melakukan cara mengobati emboli paru yang disarankan dokter. Tujuan utama pengobatan emboli paru ini adalah mencegah terbentuknya gumpalan darah yang baru sekaligus agar gumpalan darah yang sudah ada tidak akan membesar dan bisa segera lancar kembali.

Dilansir dari alodokter.com, terdapat empat cara mengobati emboli paru, di antaranya adalah pemberian obat, pemasangan saringan pembuluh darah, operasi, dan penggabungan prosedur ultrasound dan obat tromboli. Semuanya harus diterapkan berdasarkan kondisi dari setiap pasien.

Pemberian obat medis adalah langkah pertama dalam mengobati emboli paru. Obat yang diberikan adalah antikoagulan dan trombiotik. Antikoagulan ini berfungsi menghambat pembentukan gumpalan darah. Berbeda halnya dengan trombiotik yang digunakan untuk memecahkan bekuan darah, meskipun demikian obat ini hanya digunakan dalam kasus kritis karena berisiko menyebabkan pendarahan mendadak dan serius jika langsung digunakan pada kasus sedang sampai ringan.

READ  Mengenal Lebih Mendalam Informasi Seputar Pemicu Hipertensi Emergensi

Pemasangan saringan pembuluh darah adalah prosedur yang ditujukan bagi pasien yang tidak cocok mengonsumsi obat antikoagulan atau jika penanganan dengan obat tersebut tidak efektif. Fungsi saringan ini adalah menahan penggumpalan darah agar tidak terbawa masuk ke paru-paru. Filter ini dipasang di pembuluh darah balik utama yang menghubungkan antara kedua tungkai dengan bagian jantung sebelah kanan.

Tindakan operasi hanya akan dilakukan jika gumpalan darah sudah besar serta mengancam nyawa penderitanya. Prosedurnya adalah embolektomi yaitu tindakan pengeluaran gumpalan darah. Pilihan terakhir cara mengobati emboli paru adalah penggabungan prosedur gelombang suara berfrekuensi tinggi atau ultrasound berenergi rendah dengan pemberian obat trombiotik untuk memecahkan gelombang darah. Langkah ini sangat penting untuk menangani kasus emboli paru yang cukup parah.

 

Sumber artikel:

www.alodokter.com

www.halodoc.com

 

Sumber gambar:

klikpdpi.com

bidanku.com