Sering sesak napas ? Hati-hati gejala gagal jantung

0 Comments

Mengalami rasa sakit pada bagian jantung pasti sangat tidak nyaman.membuat sakit pada bagian dada dan tak jarang merasakan sesak napas, akibat dari penyempitan rongga dada atau bahkan gagal jantung. Lalu bagaimana kita bisa mengenali bahwa sakit tersebut bisa dikategorikan sebagai gagal jantung.

Banyak hal yang bisa  menyebabkan kita merasakan sakitb pada bagian jantung. Namun, semua itu mesti berdasarkan diagnose dokter. Maka sebelum ada tindakan yang lebih serius, alangkah baiknya jika kita pahami dulu apa saja gejala-gejala yang ada pada penyakit gagal jantung.

Dilansir dari hellosehat .com, gejala gejala yang ada jika anda terkena gagal jantung adalah :

  • Kesulitan bernapas

Kesulitan bernapas akan selalu dirasakan oleh mereka yang mengidap gagal jantung, meskipun saat beraktivitas atau bahkan hanya terbaring, dikarenakan organ dalam yang sudah terserang.

  • Kelelahan yang berlebihan setelah beraktivitas

Penderita gagal jantung biasanya akan rentan terhadap Lelah dan merasakan bagian-bagian tubuh yang sakit, seperti kaki. Rasa sakit ini diakibatkan karena tidak lancarnya peredaran darah yang terhambat dari bagian jantung.

  • Pembengkakan di bagian tubuh
READ  Cemilan Sehat untuk Diabetes yang Aman dan Enak Pastinya

Jika ginjal anda tidak dapat menyaring darah yang cukup, tubuh akan kelebihan cairan. Kondisi ini disebabkan karena tubuh kurang aliran darah dengan oksigen pada organ-organ tubuh dan otot.

  • Sering buang air kecil di malam hari

Gejala gagal ginjal yang satu ini diakibatkan karena gaya gravitasi yang membuat aliran darah semakin meningkat.

  • Sering merasa sakit kepala

Sakit ini diakibatkan karena darah yang dialirkan ke otak. Selain sakit kepala, tak jarang gagal jantung juga mengakibatkan penderitanya sangat sulit untuk konsentrasi.

Adapun langkah pengobatan gagal jantung adalah sebagai berikut :

1. Konsumsi obar-obatan

Dokter akan memberikan resep untuk pengobatan sesuai dengan penyababnya.

2. Jika obat tidak lagi memberikan perubahan maka tindakan selanjutnya adalah tindakan yang lebih serius lagi yaitu operasi bypass jantung. Biasanya operasi ini dilakukan pada mereka yang menderita jantung coroner.

READ  4 Rekomendasi Cemilan Sehat yang Cocok Untuk Ibu Menyusui

3. Operasi perbaikan atau penggantian katup jantung

Jika katup jantung yang rusak dan menyebabkan gagal jantung, maka yang harus dilakukan adalah perbaikan katup jantung.

4. Transpalantasi jantung

Tindakan ini adalah pilihan terakhir bagi para penderita jantung, karen obat dan semua tindakan sudah tidak lagi memberi perbaikan pada keadaan jantung, maka donor jantung adalah hal yang harus dilakukan demi mempertahankan kekuatan jantung dan fungsinya.

Langkah sederhana yang harus anda lakukan agar tidak terkena gagal jantung adalah :

  • Mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi kadar garam

Contoh makanan sehat adalah seperti sayur, buah , dan makanan yang mengandung banyak protein seperti ikan, daging atau kacang.

  • Menjaga berat badan dengan berolahraga secara rutin
  • Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol, karena kebiasaan tersebut hanya akan memberi kerugian pada jantung. Dengan asap rokok dan alkohol, jantung akan rentan terserang.
  • Menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah.
READ  Daftar Cemilan Sehat untuk Bayi yang Bergizi, Simpel, dan Menarik

Beberapa poin di atas akan sangat membantu untuk menjauhkan seseorang dari gagal jantung. Karena jantung adalah inti dari organ yang beroperasi pada tubuh, maka jika jantung gagal dalam menjalankan fungsinya, maka seluruh organ tubuh akan terganggu, terlebih saat darah tersumbat atau tidak lancer dalam peredarannya.

Konsumsi makanan bergizi sesuai dengan porsinya, lakukan pola hidup sehat dan berikan waktu istirahat yang cukup pada tubuh, karena jika tubuh dalam keadaan terlalu lelah, kemudian terserang virus atau tidak diiringi dengan asupan gizi yang seimbang, maka segala penyakit akan mudah menyerang, termasuk gagal ginjal.

 

Sumber gambar : doktersehat.com